Artikel Terpilih

Saturday, January 29, 2011

Kawasan Wisata Alam Pilihan di Perth dan Sekitarnya (1)



1.   Kings Park & Botanical Garden
 
Kings Park mewakili Western Australia sebagai botanical garden terlengkap dengan 25.000 spesies tanaman, lebih dari separuh diantaranya adalah tanaman asli lokal (native plant) yang tidak ditemui di belahan lain di dunia ini. Sebagai Taman Kota terbesar di Australia menawarkan berbagai atraksi wisata alam yang unik dan menakjubkan, diantaranya Conservation Garden area taman yang berisikan berbagai jenis tanaman langka asli lokal dari berbagai wilayah di Western Australia. Ada  Kings Park’s Bushland Flora, yang berisi koleksi tanaman semak dan bunga semak liar dengan tampilan bentuk batang, daun dan bunga yang atraktif, sebagai salah satu rumpun jenis tanaman yang dominan hidup di daerah arid dan semi arid di Western Australia. Ada juga Banksia Garden berisikan 77 jenis tanaman Banksia, 66 diantaranya sebagai native plant Western Australia, tanaman ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari kebanyakan ekosistem di Western Australia sebagai penyedia makanan (bunga dan buahnya) dan tempat tinggal bagi serangga (insect), satwa melata (reptile) dan burung (birds). Sementara Tuart Lawn Garden dihuni oleh pohon-pohon Tuart (Eucalyptus Gamphocephala) besar dan kecil sebagai jenis tanaman yang banyak hidup di daerah pinggiran pantai, menjadi menyedia makanan (bunga dan buahnya) bagi parrot khususnya Ringneck-Parrot, juga tempat tinggal bagi insect dan reptile tertentu. Zamia Garden, adalah taman yang menampilkan sosok tanaman Zamia sebagai salah satu jenis tanaman purba yang masih tersisa di belahan bumi ini. Boabs and Roe Garden berisi tanaman-tanaman endemik dan eksotik dari wilayah Kimberley, sebuah kawasan di utara Western Australia yang terkenal dengan keragaman flora dan faunanya serta aktivitas konservasinya. 
 
Masih banyak yang menarik untuk dikunjungi di Kings Park diantaranya yaitu; Botanical Garden Entry, Lord Forest Roundabout Walk, Pioneer Garden, Water Garden, Illyarie Garden, Marry Woodland, Peppermint Lawn, Kanggoroo Pawn dan Eaucalypus Carpark. Bahkan bagi yang senang olahraga sambil menikmati keindahan bunga dan tanaman disediakan jalur-jalur Cliff Walk, Low Walk, dan Lottery Federation Walkway. Bila ingin sekedar duduk santai di taman atau gelar tikar dan tiduran tersedia area terbuka hijau dimana-mana. Untuk merayakan pesta kecil-kecilan, bahkan untuk kegiatan yang besarpun kerapkali orang maupun organisasi dapat menyewanya. Badan otorita Kings Park memiliki kantor layanan dan informasi setiap hari kerja di Lokasi Kings Park di dekat pintu masuk utama dan di Aspect Gallery Shop area.
 
Kings Park and Botanical Garden menjadi favorite kunjungan wisata selain karena keindahan, kenyamanan, keragaman atraksi wisata alamnya, dan berbagai fasilitas pendukungnya, juga karena kemudahan akses kesana. Bagi yang tinggal di luar Perth bisa menggunakan kendaraan prbadi atau naik kedaraan umum (kereta dan bis). Sementara yang tinggal di pusat kota anda bisa naik bis umum gratis dalam kota atau berjalan kaki. Untuk menikmati seluruh keindahan atraksi wisata Kings Park sepertinya dibutuhkan lebih dari satu hari, tetapi satu haripun bisa tergantung kebutuhan dan ketersediaan waktu anda. Untuk informasi lebih lengkap anda dapat menghubungi pusat informati Kings Park and Botanical Garden, di Fraser Avenue, West Perth, Western Australia 6005. Atau menghubungi lewat Phone: (08) 9480 3600 dan Fax: (08) 9322 5064 juga via email: enquiries@bgpa.wa.gov.au atau mengunjungi website www.kingspark.com.au .
 
 
2.   Yanchep National Park
 
Apa yang menarik dari Yanchep National Park? Ini adalah kawasan wisata alam yang luas yang terbagi atas berbagai area landuse dan landscape seperti woodland and shrubland area, coastal area, dan juga bushland area. Hampir semua jenis tanaman disini adalah tanaman asli lokal (native plant). Anda dapat menikmati berbagai atraksi wisata alam seperti; Visit The Koalas, menyaksikan kehidupan koala di tempat terbuka. Kanggoroo Spot, menyaksikan keluarga kangguru (grey kanggoroo) bercengkrama di alam liar, biasanya tampak banyak pada pagi dan sore hari. Bagi yang menyukai petualangan dengan berjalan kaki di tengah hutan anda dapat mengikuti berbagai jalur Walk Trail yang ada, mulai dari jarak pendek 500 meter sampai 55 km, yang paling disukai adalah jalur The Gosthouse Walk. Masing-masing track memiliki karakteristik jenis tanaman yang unik dan beraneka serta menjadi endemik bagi daerah pesisir utara Western Australia (Northern Swan Coastal Plain). Satu lagi yang menarik adalah Crystal Cave, menikmati petualangan unik di goa bawah tanah (limestone cave) mengeksplorasi habitat dan penghuninya. Atau sekedar piknik ada picnic spot galore, disini tersedia barbeques yang tersebar di berbagai tempat dan yang bisa digunakan secara gratis tentunya. Jangan sampai lupa untuk mengunjungi Chocolate Drops Tea Rooms untuk menikmati lunch, ice cream dan chocoolate aneka bentuk satwa yang bisa dibawa pulang sebagai delicious souvenirs.
 
Tidak hanya wisata alam bebas yang kita nikmati di Yanchep National Park, tetapi juga wisata budaya Aborigin dan olahraga. Aboriginal Experiences mempelajari bagaimana teknik orang-orang Aborigin (The Yoongar People) untuk dapat bertahan hidup di wilayah selatan Western Australia. Tentu saja anda juga dapat belajar menari tarian Aborigin sekaligus memahami arti filosofis dan magis dari tariannya, langsung dari para pemainnya (Didgeridoo). Sarana olahraga golf tersedia disini termasuk tempat latihan bagi yang baru mengenal golf.
Dibutuhkan waktu lebih dari 2 hari untuk menikmati seluruh atraksi dan keindahan wisata alam di Yanchep National Park, dan disini disediakan penginapan (inn) dengan sarapan, makan siang dan malam. Disewakan juga fasilitas ruangan untuk rapat-rapat dan pertemuan. 
 
Anda dapat menghubungi pusat informasi Yanchep National Park di Wanneroo Road, Yanchep, Western Australia 6053, untuk mengetahui harga tiket masuk, penginapan dan jadwal lengkap kegiatan-kegiatan di atas yang selalu di update setiap tahunnya dapat mengakses website www.dec.wa.gov.au anda bisa juga menghubungi email: yanchep@dec.wa.gov.au , lewat Phone: (08) 9405 0756 dan fax (08) 9561 2316. Anda tidak diperkenankan untuk memberi makan hewan-hewan liar disini, tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pembakaran, patuh terhadap aturan dan petunjuk yang telah disediakan (directions and pathways) dan tidak diperkenankan membawa anjing, kecuali guide dog untuk pengunjung yang cacat.
 
 
3.   Port Kennedy Scientific Park
 
Ini adalah lokasi wisata cagar alam pantai (coastal nature reserve), wilayah ekosistem pantai (dune and swale type) yang menjadi tempat bagi beraneka tanaman langka yang telah berevolusi ribuan tahun lalu. Tanaman-tanaman ini membentuk formasi yang memukau sepanjang bantaran pantai (dune) Port Kennedy. Aneka vegetasi yang tumbuh di atas tanah yang berbeda kelembabannya menjadi daya tarik tersendiri mereka yang sedang mendalami ekosistem wetland, dampland, sumpland dan segdeland. Anda dapat mengabadikan keelokan Knotted Club Rush (Lisolalepis Nodosa), Coastal Sword Segde (Lepidosperma Gladiatum),  Pale Rush (Juncus Pallidus) dan Twig Rush (Bauma Articulata). Pada habitat dune juga dapat ditemui dominasi tanaman heatland seperti; Acacia Thicket, Paper Bank Swamp dan juga Balga Belt.
 
Keunikan ekosistem Scientific Park sebagai habitat berbagai jenis insect, dan juga  habitat bagi 4 jenis satwa ampibi serta 21 jenis reptil. Tercatat ada berbagai jenis ular dan kadal (skink and lizard) hidup di wilayah ini diantaranya ular beracun terkenal Tiger Snake (Notecis scutatus), Carpet Python (Morelia Spilota), Black Stripe Snake (Neelap Calonotus), dan kadal Perth Lerista Lizard (Lerista Lineata). Menjadi rumah tinggal bagi berbagai macam burung diantaranya; burung elang Black Shouldered Kite, Australian Kestrel, Coromorant, Yellow-Throated Minor, dan Pied Oyester Catcher. 
 
Untuk mencegah cagar alam ini dari erosi, kerusakan dan matinya tanaman-tanaman cover crop maupun bushplant, maka kendaraan bermotor maupun sepeda tidak diizinkan memasuki wilayah ini. Anda hanya boleh berjalan kaki mengikuti lokasi jalur yang sudah ada. Anda tidak juga diizinkan barbeque dan bakar-membakar, menggangu/jahil terhadap tanaman atau binatang, tidak juga diijinkan membawa hewan peliharaan. Untuk merencanakan kunjungan anda dapat menghubungi Marine and Coastal District, 47 Henry St Fremantle WA 6160, Phone (08) 9432 5111 dan fax (08) 9430 5408 juga website www.calm.wa.gov.au
 
 
4.   Perth Zoo 
 
Serupa dengan hampir kebanyakan kebun binatang di dunia Perth Zoo menampilkan berbagai hewan dengan kandang dan lingkungan yang dibuat sealami mungkin menyerupai habitat aslinya. Anda bisa menyaksikan hewan-hewan yang hidup di semak Australia (bushland) seperti; Kanggaroos, Emus, Koalas, Numbat, Shorth-beaked Echidna, berbagai macam burung and Dingos. Anda juga bisa menyaksikan hewan dari Asian Rainforest seperti orangutan, gajah, harimaus, dan beruang madu. Atau hewan-hewan dari African Savannah seperti; macam tutul, Jerapah, Badak, Zebra dan tentu saja singa. Bagi yang suka reptil dapat menyaksikan langsung berbagai macam ular termasuk Reticulated Python, Woma dan Tiger Snake, berbagai macam anggota keluarga Dragons termasuk Iguana Fiji.
 
Selain menyaksikan hewan dalam kandang anda juga dapat menyaksikan atraksi hewan seperti Gajah yang pandai melukis, juga atrakksi burung-burung pintar dari keluarga Parrot and Cockatoo. Untuk memudahkan perjalanan berkeliling di sedia bebagai jenis kendaraan untuk anak-anak. Selain itu Perth Zoo juga menyediakan kantin dan toko souvenir. Kebun binantang ini buka mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore, terletak di 20 Labouchere Rode, South Perth. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Phone; +61 8 9474 3551 (info line), atau +61 8 9474 0444 juga website perthzoo.wa.gov.au
 
 
Caversham Wildlife Park
 
Sebenarnya lebih pantas disebut sebagai gabungan arena kebun binatang (zoo) dan kehidupan petani Australia ketimbang wildlife park, karena atraksi utama dari wisata alam ini adalah tentang hewan yang dapat diamati, diberi makan, disentuh dan diajak berfoto bersama. Sebagian besar hewan-hewan disini adalah satwa asli lokal (native animal) dari berbagai negara bagian Australia. 
 
Ada tiga jenis atraksi wisata alam disini yang dapat dinikmati pagi hari sampai petang. Pertama adalah atraksi satwa-satwa asli Australia baik dari luar kandang maupun dalam kandang, area dan jenis hewan ditempatkan berdasarkan asal area, bagian Utara dan Selatan Australia. Di North East  dapat dijumpai Flaying Fox, Koalas, Cassowary, Owl dan Lorikeets. Di South East dapat saksikan satwa Possum, Koalas, Flying Fox, Quoll, Wallaby, Gliders dan Potteroos. Pada area South West anda dapat menyaksikan Possum, Quokka, Tammar, Egretts, Quoll dan Rail Duck. Di Area North ada bustard, curlew, crocs, Echidna, dingos, emus, turtle dan possums. Beberapa satwa tertentu memiliki area kandang tersendiri seperti Falcon, Reptile, Emu dan Tasmanian devil.
 
Selain itu ada area Kanggaroos yang berisi berbagai jenis kangguru yang ada di Australia, dan yang menarik adalah diperbolehkan memberi makan dan berfoto bersama mereka. Yang dilarang disini adalah berlari dan membuat panik para kangguru. Ada juga area Animal Display dimana anda dapat menyaksikan atraksi Animal Talk, berkenalan dan berfoto bersama hewan favoroit seperti wombat, parrot, possum atau elang. Dua  atraksi menarik lainnya adalah tentang kehidupan petani di Molly Farm dengan hewan-hewan peliharaan mereka (kambing sapi, kerbau, angsa bebek, ayam, kalkun, kuda ponni, keledai, unta, domba, babi, rusa dan kelinci. Pada atraksi Farm Show-nya, kita dapat meyaksikan berbagai tektik beternak para petani Australia mulai dari teknik bergembala dengan anjing dan teknik pecut ala cowboy Australia, teknik menguliti kambing-kambing domba untuk diambil bulunya sebagai wool, serta teknik memberi makan anak-anak kambing dan bagi pengunjung anak-anak boleh mencoba memerah susu sapi.
 
Caversham Wildlife Park menyediakan fasilitas toilet, kantin, patio, open barbeque dan toko souvenir. Anda dilarang makan dan minum di sembarang tempat di sini juga buang sampah sembarangan. Anda hanya diperbolehkan memberi makan (feeding) pada Kanggoroo atau hewan lain yang memang diperbolehkan. Dilarang keras merokok disini.  Untuk memudahkan wisata anda sebaik  mengetahui update showtime beberapa atraksi penting seperti Farm Show, Wombat and Friend Show, dan Animal Talk. Untuk informasi itu anda dapat menghubungi pusat informasi layanan Caversham wildlife Park di Lors Street, Whiteman Park, Phoe (08) 9248 1984 atau website www.cavershamwildlife.com.au
  
 
5.   Nambung National Park dan Pinnacles
 
Nambung national Park adalah taman nasional di mana sebagian besar wilayahnya berupa daerah padang pasir (dessert). Taman Nasional ini merupakan tempat tinggal bagi beragam hayati endemik wilayah pantai utara Western Australia, dan masih merupakan bagian dari jajaran pesisir Swan (Swan Coastal Plain). Di sini juga terdapat ribuan tonggak batu besar (Limestone Pinnacle) diantara luasnya hamparan padang pasir dan vegetasi endemik. Sebuah kombinasi atraksi wisata alam yang sangat unik dan menakjubkan, tidak ditemukan di lain tempat.
 
Keragaman hayati di Nambung National Park dibentuk dan dipengaruhi oleh tipikal daratan pesisir pantai yang terbentuk karena pengaruh kuat hembusan angin laut, membawa dan menempatkan pasir-pasir membentuk formasi disekeliling Pinnacle selama proses ribuan tahun. Ada daratan pasir putih, kuning dan coklat yang masing-masing memiliki kandungan mineral yang berbeda, sehingga vegetasi yang hidup di atasnya-pun berbeda. Disini kita dapat menyaksikan rumpun pohon Acasia Thicket, Myrtles, Tuart, Casuarinaas dan Baksias dalam formasi alami yang beragam. Sebagian besar satwa yang hidup di sini adalah satwa malam (nocturnal), namun kadang dapat dijumpai juga Emu dan Grey Kangguru nampak sepanjang hari. Ada kurang lebih 90 jenis burung tercatat hidup di taman nasional ini. Anda juga dapat menyaksikan berbagai jenis ular dan Bobtail Skink (lizard) di berbagai tempat di wilayah ini. 
 
Atraksi menarik lainnya di sini adalah Pinnacle Dessert, ribuan tonggak batu besar setinggi 4 meter, berwarna kuning kecoklatan, ditengah padang pasir yang terbentuk secara alami. Menurut para ahli diketahui bahwa kandungan utama Pinnacle adalah cangkang satwa laut, serpihan-serpihan cangkang ini hanyut dan terbawa ke daratan bersama-sama dengan pasir yang kaya akan kandungan Limestone. Padang pasir yang terbentuk kemudian ditumbuhi berbagai vegetasi, menghasilkan banyak humus yang menyebabkan terjadinya proses bio-kimiawi dan membentuk lapisan asam. Terjadi juga retakan-retakan pada padang pasir oleh akar tanaman yang terus mencari sumber makanan. Kemudian karena terjadi perubahan iklim dan cuaca, banyak vegetasi mati dan hembusan angin semakin kuat, mengikis dan membentuk padang pasir menjadi tonggak-tonggak batu besar Pinnacles.
 
Memacing adalah jenis atraksi wisata lain yang terkenal disini (Hangover Bay dan Kanggoroo Point), karena semua yang ada di wilayah Nambung National Park adalah di lindungi, maka harus ada izin dari terlebih dahulu dari Departement of Fisheries. Tidak diperkenankan camping, menyalakan api,  berjalan-jalan waktu musim panas, merusak atau mengganggu satwa dan tanaman, tidak membawa binatang peliharaan serta tetap dijalur yang telah ditetapkan (direction and pathways). 
 
Taman nasional menyediakan sarana angkutan unruk berkeliling, jika anda membawa kendaraan pribadi atau caravan harus ditinggal di Cervantes. Akses ke Taman National Nambung dan Pinnacles adalah melalui Cervantes Road, Jika anda dari Perth maka setelah melewati Brand Highway. Cervantes adalah sebuah lokasi di dekat Taman Nasional yang menyediakan fasilitas akomodasi motel, food store, bahan bakar, air, layanan kesehatan dan area parkir mobil dan caravan.
 
Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah akhir winter atau bulan September, dimana cuaca mulai hangat dan bunga-bunga liar mulai bersemi. Untuk kemudahan rencana perjalan anda dapa menghubungi Departement of Environtment and Conservation Cervantes WA 6511, phone (08) 9652 7043 atau  kunjungi website www.naturebase.net
 
 
6.   Creery Wetland Nature Reserve – Mandurah
 
Creery Wetland Nature Reserve adalah area cagar alam, khususnya cagar alam pantai muara (estuary) yang terletak di wilayah Peel Inlet-nya Mandurah. Merupakan habitat bagi Queendas, salah satu hewan marsupial endemik Western Australia dan juga habitat bagi 22 jenis burung-burung perairan (waterbird) termasuk juga burung-burung pendatang (migratory bird). Pada musim panas tempat ini menjadi salah satu area persinggahan burung-burung pendatang yang ada di Western Australia. Ini adalah tempat yang cocok bagi para pengamat burung (birdwatchers).
 
Di lokasi ini tersedia pos informasi, jalur-jalur (track) untuk  berjalan kaki dan pondok pengamatan satwa. Fasilitas parkir mobil, makan-minum dan toilet tersedia di luar cagar alam, yaitu di Mariner Cove Cafe and Car Park. Creery Wetland Nature Reserve dikelola oleh Departement of Conservation and Land Management, informasi lebih jauh dapat menghubungi kantor Peel Region, telp. (08) 9582 9333 atau website www.creerywetlands.info
 
 
7.   Shampire Cove Nature Reserve – Mandurah
 
Nama shampire di ambil dari nama jenis tanaman yang banyak tumbuh di ekosistem lahan basah ini, yaitu shampire. Tanaman yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ekosistem estuary karena menyediakan makanan dan rumah bagi sebagian besar satwa di sini, termasuk burung, ikan dan kepiting. Tempat yang cocok bagi para pengamat burung laut (sea waterbird) dan landcsape lingkungan perairan. 
 
Di dalam lokasi sudah tersedia jalur-jalur perjalanan, pos informasi dan pos pengamatan dan toilet, sementara fasilitas parkir mobil ada di luar pintu masuk. Bagi anda yang ingin berlama-lama sebaiknya persediaan makan dan minum di persiapkan sebelumnya.
 
Terletak di sebelah barat area Peel Inlet Mandurah dekat dengan permukiman Port Mandurah dan sebelah barat daya Mandurah Bypass. Lokasi ini dapat ditempuh dari Perth City dengan kereta api, bis dan mobil pribadi. Untuk informasi lebih jauh dapat menghubungi kantor Peel Region, Telp. (08) 9582 9333 atau website www.creerywetlands.info
 
 
8.   Len Howard Conservation Park Mandurah
 
Terletak di wilayah Peel Region Mandurah, berdekatan dengan shampire cove dan Creery natural reserve. Juga memiliki landscape dan satwa yang relatif sama. Keunikannya adalah kegiatan yang ditawarkan oleh pengelola lokasi ini yaitu Estuary Walk, berjalan sepanjang pesisir pantai Mandurah dari Rotunda sampai ke Mandurah Quay, menikmati udara segar sambil mencuci mata dengan bunga-bunga liar beraneka warna. Conservation park ini memiliki lebih dari 40 jenis tanaman bunga liar (native and non native) yang berbunga sepanjang akhir musim dingin hingga akhir musim semi. 
 
Untuk informasi lebih jauh anda dapat menghubungi Mandurah WildFlower Group. Lokasi ini dapat dicapai dari Mandurah City ke Glenart Court dengan bis, taxi dan mobil pribadi tentunya.

No comments:

Post a Comment