Artikel Terpilih

Thursday, March 3, 2011

Biaya Masuk Taman (Park Entrance Fee)


Wajib Biaya Masuk di Beberapa Park

Beberapa taman, (terutama Regional Park dan National Park) mengharuskan calon pengunjung membeli tiket masuk. Dana yang terkumpul dimaksudkan untuk membantu membiayai keberlangsungan pengelolaan park dan tentu saja pengembangan daya tarik wisatanya. Berikut beberapa park yang mewajibkan biaya masuk;
South West: Beedelup, D’entrecasteux, Fitzgerald River, Gloucester, Greater Beedelup, Porongurup, Shannon, Stirling Range dan Warren National Park.
Golden Outback: Cape Arid, Cape Le Grand dan Stokes National Park.
Around Perth: Avon Valley, John Forrest, Serpentin, Walyunga dan Yanchep National Park
Coral Coast: Cape Range, Francois, Peron, Kalbarri, Lesueur, dan Nambung (Pinnacle) National Park.
North West: King Leopold Ranger Conservation Park, Karijini, Milstream-Chicester, Mirima, Mitchell River, Purnululu (Bunge-bungle), Tunnel Creek dan Windjana George National Park.


Jenis Tiket Masuk Taman

Ada 2 jenis tiket masuk taman yang dapat beli, tiket harian dan tiket masuk berlangganan. Tiket masuk harian dapat dibeli langsung di tiap-tiap pintu masuk taman. Sementara tiket berlangganan dapat dibeli di hampir semua kantor perwakilan Departement of Environtment and Conservation (DEC) di Western Australia, atau online di www.dec.wa.gov.au.  Dan info outlet terdekat melalui (08) 9219 8000.

Biaya masuk dihitung sesuai dengan jenis kendaraan, untuk jenis kendaraan pribadi (dimana jumlah penumpangnya sesuai dengan kapasitas mobil) dikenakan biaya 11 $AUD, untuk 5 $AUD untuk  sepeda motor dan 1.50 $AUD per penumpang Bus. Gratis untuk anda yang berjalan kaki maupun bersepeda.

Biaya masuk berlangganan ada yang berbentuk Holiday Pass sebesar 40 $AUD per-kendaraan, dimana dengan kartu ini kita dapat mengunjungi taman wisata alam manapun selama 4 minggu. Annual Pass, dengan membayar 80 $AUD maka selama 12 bulan kita dapat mengunjungi semua park yang ada di WA. Jika ingin tambahan berlangganan majalah DEC ditambah layanan Annual Pass maka kita bisa berlangganan Goldstar Pass. Ada juga Annual Local Park Pass, cukup membayar 20 $AUD untuk tiket berlangganan selama 12 bulan bagi mereka yang tinggal di sekitar park.

Sementara bagi mereka yang memiliki concession card mendapat potongan harga hampir setengahnya. Yang termasuk dalam daftar concession card adalah; Senior Card, Disability Support, Carer Payment, Departement of Veterans Affair (DVA), Companion Card, Carer Allowence dan Age Pension.


Tiket Kemping

Tiket masuk tidak termasuk tiket kemping, tiket kemping di hitung mulai malam pertama di taman. Untuk kegiatan kemping di park yang hanya menyediakan fasiitas dasar atau bahkan tidak ada sama sekali dikenakan biaya 7 $AUD untuk orang dewasa dan 2 $ dollar untuk anak sekolah. Sementara untuk park yang menyediakan fasilitas shower dan caravan tanpa listrik dikenakan biaya 9 $AUD untuk orang dewasa dan 2 $AUD untuk anak-anak.
Untuk kemping di King Leopald Range Conservation Park, Purnululu (Bungle-Bungle) dan Windjana George National Parks dikenakan biaya sebesar 11 $AUD untuk orang dewasa dan 2 $ untuk anak-anak. Khusus untuk kegiatan kemping di lokasi Karinji National Park dapat mengubungi petugas DEC terlebih dahulu di (08) 91988121, dan untuk lokasi Goldfield Region (Kalgorlie) dapat menghubungi (08) 9080 5555.


Tiket Attraksi

Tiket masuk juga tidak termasuk atraksi kegiatan yang diselenggarakan secara khusus di area park pada hari-hari besar khusus seperti natal dan tahun baru. Untuk jelasnya mengenai jadwal atraksi wisata di park dapat menghubungi kantor-kantor DEC terdekat atau online ke  www.dec.wa.gov.au. 

No comments:

Post a Comment