Artikel Terpilih

Saturday, January 29, 2011

Kawasan Wisata Alam Pilihan di Perth dan Sekitarnya (3)


     1.     AQWA - The Aquarium of Western Australia

AQWA - The Aquarium of Western Australia adalah sebuah akuarium raksasa yang menampilkan kehidupan di laut serta keunikan beragam wilayah perairan Western Australia. Menampilkan jenis satwa air yang hidup di perairan dingin di lautan sebelah selatan Australia serta keindahan aneka rumpun terumbu karang (coral reef ) di pantai utara Australia.
Aqwa mengajak pengunjung menyelami kehidupan dunia bawah air dari berbagai satwa dan tanaman laut yang unik dan menakjubkan yang ada di Western Australia, dan di Aqwa pengunjung bisa menyaksikannya melalui kaca lebar dan terowongan aquarium (aquarium tunnel). Kita dapat menyaksikan lima wilayah lingkungan perairan yang unik beserta penghuni tetapnya ada wilayah perairan Great Southern Coast, Perth Coast, Marmion Marine Park, Shipwreck Coast dan Far North. Karena keragaman hayati lautnya maka AQWA tidak hanya berharga sebagai obyek wisata tetapi juga sebagai pusat ilmu pengetahuan kelautan di Western Australia. 

Di Aqwa pengunjung akan menikmati indahnya terumbu karang (coral reef), hiu raksasa, ikan pari raksasa, penyu, kuda laut, gurita, cumi-cumi, sea horse dan jenis ikan unik lainnya. Juga berbagai atraksi wisata interaktif yang melibatkan satwa-satwa laut, pelatih dan pengunjung. Pengunjung dapat berenang dan menyelam bersama hiu (dive with the sharks) atau menyelam dan berjalan diantara indahnya lingkungan terumbu karang (reef walker). Pengunjung dapat melakukan kegiatan interaktif ini dengan menghubungi Bookings essential AQWA, telp. 9447 7500 atau e-mail bookings@aqwa.com.au
 
Hanya 20 menit dari Perth City ke Hillarys Boat Harbour dimana AQWA berada, buka setiap hari jam 10 pagi sampai 5 petang. Memiliki fasilitas lengkap sebagai sebuah obyek tujuan wisata dengan menyediakan tempat parkir yang luas, kantin/kafe, toilet juga toko souvenir. Jika anda ingin pilihan akomodasi lebih dari itu, seperti restoran, bar, cafe, penginapan dan pusat pertokoan anda bisa mendapatkannya di sekitar Hillary Boat Harbour.

Pengguna kendaraan umum juga tak perlu khawatir, bisa menggunakan kereta api dari Station Joondalup ke Station Kereta Api Warwick dari Warwick ke AQWA naik bis no. 423. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi AQWA, Hillarys Boat Harbour 91 Southside Drive Hillarys Western Australia 6025, Postal Address AQWA PO Box 424 Hillarys WA 6923 Telephone +61 8 9447 7500, Facsimile +61 8 9447 7856 atau Email; bookings@aqwa.com.au


     2.     Rottnest Island

Rottnest Island merupakan lokasi tujuan wisata alam terbesar yang ada di Western Australia. Rottnes Island telah ditetapkan sebagai wilayah cagar alam kelas A, dimana flora-fauna dan seluruh lingkungan fisik pulau ini dilindungi oleh undang-undang. Sehingga segala bentuk kegiatan wisata harus selalu mempertimbangan aspek-aspek pelestarian lingkungan, dan ini tercermin dari berbagai aturan dan jenis kegiatan wisata yang ada di pulau ini. Di Rootnes Island paling tidak ada tiga jenis wisata utama yang dapat dinikmati dan diekskplorasi. Pertama adalah obyek wisata alam perairan mulai dari pantai (beach), kelautan (marine) dan ekosistem lahan basah danau dan rawa (lake, swamp). Kedua jenis wisata sejarah dan budaya, pulau ini sarat dengan muatan historis kehidupan suku aborigin di masa lalu dan masa awal kedatangan orang-orang eropa ke pulau ini. Ketiga, wisata olahraga, wilayah yang luas dengan beragam karakteristiknya memungkin dilakukan berbagai macam kegiatan olahraga yang sehat dan menyenangkan seperti bersepeda, berenang, menyelam dan lain-lain.

Pulau ini memiliki banyak pantai ada kurang lebih 60 pantai dan 20 bay yang memiliki landscape indah, pasir halus dan bersih serta air yang jernih, di antara pantai yang menjadi favorit pungunjung adalah; Cape Vlamingh, Fish Hook Bay, Geordie Bay, Little Armstrong, Little Parakeet, Little Salmon Bay, Parakeet, Parker Point, Ricey Beach, Salmon Bay, Stark Bay, Strickland Bay, The Basin, dan West End. Di pantai-pantai ini pengunjung dapat berolahraga,  bermain atau sekedar bersantai.  Beberapa pantai memungkinkan pengunjung untuk swimming, surfing, snorkling bahkan diving. Untuk kegiatan memancing pastikan bahwa anda telah mengerti tentang aturan memancing, ukuran dan jenis ikan yang boleh dipancing dan diliris, serta memperoleh izin memancing di pulau ini dari Departement of Fisheries.

Beragam Penghuni  Rottnest Island

Pulau ini memiliki ekosistem laham basah berupa danau (lake) dan rawa (swamp-saat winter). Ada lebih dari empat danau besar di Rottnest Island yang menjadi habitat bagi vegetasi asli maupun pendatang pulau ini serta menjadi tempat tinggal bagi berbagai satwa burung, satwa melata dan ampibi, serangga dan tentu saja satwa marsupial. Dulu diperkirakan Rottnest Island memiliki species tanaman lebih dari 1500, namun karena perubahan iklim serta campur tangan manusia, kini yang bertahan hanya 140 saja. Rottnest Island memiliki tiga jenis tanaman keras hutan asli lokal yang  terkenal (native woodland species), yaitu the Rottnest Island Pine (Callitris preissii), Rottnest Island Tea Tree (Melaleuca lanceolata) dan Akasia (Acacia Rostellifra). Juga tanaman bunga asli lokal yang cukup terkenal  The Rottnest Daisy atau juga Seagrass Meadows yang tersebar di sekeliling pulau ini. Selain itu banyak juga tanaman non native hidup dengan baik di sini seperti Tuarts, Norfolk Island Pines, Aleppo Pines, Olive Trees, Palm Trees dan Morton Bay Figs termasuk  Mediterranean grass (Lagurus ovatus), yang sekarang dikenal sebagai Hare's Tail Grass

Rottnest Islan di merupakan tempat permanen bagi satwa Quakka (Setonix brachyurus) mewakili satwa marsupial di Rottnest Island sekaligus sebagai maskot satwanya. Marsupial kecil ini mirip Kangguru, menyukai dan memakan bermacam tanaman tanaman semak, rumput dan biji-bijian. Ada 22 jenis reptil dan ampibi di ekosistem pantai dan laut sekitar Rottnest Island, tercatat menjadi tempat bertelur dan mencari makan penyu hijau (Green Turtles atau Chelonia mydas) dan penyu berkepala besar (Loggerhead Turtles  atau Caretta caretta). Jenis katak yang tercatat hidup di sini adalah The Western Green Tree Frog (Litoria caerulea) dan The Sandplain Froglet (Litoria rubella). Keduanya biasa berada di ekosistem lahan basah (wetland) rawa dan danau. Rottnest juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis kadal (lizard) dan tokek, yang sering tampak oleh pengunjung antara lain; Bobtail (Tiligua rugosa), King's Skink (Eremiacincus ricardsonii), Marbled Gecko (Christinus marmoratus) dan Burton's Legless Lizard (Lialis burtoniis). Pengunjung perlu berhati-hati  terhadap ular berbisa Dugite (Acanthophis pyrrus) yang menjadi penghuni tetap pulau ini. 

Rootnes Island adalah rumah bagi banyak jenis burung perairan, salah satu faktor penyebabnya karena di perairan timur pulau ini menghasilkan begitu banyak udang, sebagai makanan utama bagi water bird – sea bird seperti; The Red-Necked Avocet, Banded Stilts, Ruddy Turnstone, Curlew Sandpiper, Red-Capped Dotterel, Australian Mountain Duck, Grey Plover, White-Fronted Chat, Caspian Terns and Crested Terns. Juga burung-burung perairan lainnya seperti The Pied Cormorant, Osprey, Pied Oystercatcher, Silver Gulls, Crested Tern, Fairy Tern, Bridled Tern, Rock Parrot dan Reef Heron. Kadang sesekali nampak juga di pulau ini burung pendatang dari Artic (migratory birds) seperti The Red-Necked Stint (yang beratnya hanya 30 gram saja) juga the grey plover, ruddy turnstone, grey-tailed tattler and curlew sandpiper. Burung-burung yang hidup di daratan pulau ini (di habitat tanaman Melaleuca dan Acacia) diantaranya; The Tree Martin, Welcome Swallow, Silvereye, Spotted Turtle Dove, Laughing Turtledove, Fan-Tailed Cuckoo, Red-Capped Robin, Golden Whistler, Western Warbler, Singing Honey Eater and Raven. The Silver Gull, Sacred Kingfisher and the Banded Plover (or Lapwing) dan Peafowl, The osprey, Nakeen Kestrel and Ring-Necked Pheasant.

Terdapat kurang lebih 400 jenis ikan dan 20 jenis terumbu karang di lokasi cagar alam laut pulau ini (Marine Reserve Park), diantaranya; Western Australian dhufish, baldchin groper, harlequin fish, cobbler, flathead, leatherjacket, samson fish, tailor, butterfly fish, moon wrasse, blue devil juga ikan pendatang (migratory fish) seperti marlin dan tuna. Sesekali pengunjung juga dapat melihat kedatangan paus (humpback whales), lumba-lumba hidung botol (bottle-nose dolphins) dan singa laut (Australian sea lions).

Wisata Sejarah dan Budaya Rottnest Island

Apa yang da sekarang di Rottnest Island adalah hasil dari proses sejarah ribuan tahun dari para penghuninya. Perjalanan sejarah Rottnest Island  telah memperkaya warisan budaya masyarakat pulau ini, dan juga Western Australia tentunya. Pengunjung dapat menikmati catatan-catatan sejarah pulau ini sejak 6.500 tahun yang lampau, dimana menurut para ahli merupakan bagian dari pulau utama (Australia mainland). Pengunjung dapat mengekplorasi berbagai peninggalan sejarah dan budaya Aborigin dan Bangsa Eropa, juga sejarah dan peninggalan budaya khusus kelautan, militer dan sosial yang ada di Rottnest Island. 

Sejak kedatangan bangsa-bangsa eropa ke pulau ini, di abad 17, Rottnest Island telah mengalami kemajuan yang pesat menjadi salah satu daerah kunjungan wisata dengan atraksi yang beragam. Peninggalan sejarah dan perkembangan budaya di Rottnest Island juga merupakan gambaran secara umum pembangunan yang terjadi di Western Australia. 

Akses ke Rottnest Island dari Perth City dapat ditempuh dengan berbagai cara yaitu dengan kapal ferry Ferry services, pesawat udara Rottnest Air Taxi dan kapal boat pribadi. Bagi yang mampu bisa juga menyewa helicpter. Menumpang kapal ferry  adalah favorit pengunjung dan dapat dilakukan setiap hari dari Hillary Harbour, Fremantle Port dan Barract Street Jetty di Perth City.

Untuk menghindari kerusakan lingkungan dan tetap menjaga keindahan alami dari Rottnest Island maka kendaraan bermotor dan transportasi umum (kecuali bis reguler) ditiadakan di pulau ini. Hanya boleh berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk mengeksplorasi lebih jauh berbagai tempat pulau ini. Jadi sangatlah penting bagi calon pengunjung untk membuat perencanaan yang matang dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang pulau ini. Luasnya area wisata di pulau ini menuntut perencanaan yang baik mengenai obyek wisata apa yang akan dikunjungi, waktu kunjungan, dan pemilihan akomodasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peta, petunjuk perjalanan (tour guide), pelayanan bis reguler, sewa sepeda dan jalur berjalan kaki dan lain-lain dapat menghubungi Visitor Information Centre - Rottnest Island,  yang buka setiap hari selama seminggu dari jam 8.00 pagi sampai jam 5 sore. Telephone: +61 8 9372 9732 Email: enquiries@rottnestisland.com  atau menghubungi kantor administrasinya untuk pemesanan di E- shed, Victoria Quay, Fremantle WA 6160, telp.: +61 8 9432 9300 Facsimile: +61 8 9432 9301 dan Email: reservation@rottnestisland.com 

 

 3.    Penguin Islands

Penguin  Island terletak di wilayah perairan Rockingham, 42 kilometer di sebelah selatan Perth City. Penguin Island (dan juga Seal Island) berada pada kawasan perairan cagar alam laut Shoalwater Islands Marine Park. Yang ditetapkan dan dikembangkan oleh Department of Environment and Conservation (DEC) sejak tahun 1987 keberlangsungan daerah wisata ini sekaligus kehidupan alam bebasnya. Keindahan landscape dan keunikan atraksi wisatanya menjadi daya tarik turis untuk datang ke sini.

Penguin Islands adalah wilayah tujuan wisata yang menjadi habitat dari sejumlah satwa liar,  termasuk satu diantaranya yang spesial adalah Little Penguins ( Eudiptula minor novaehollandiae) penguin terkecil di dunia. Diperkirakan kurang lebih 600 pasangan Little Penguin ada di pulau ini. Pengunjung dapat melihat dan memberi makan Little Penguin di The Penguin Experience – Island Discovery Centre di pulau ini, terutama pada jam-jam makan mereka.

Pengunjung juga dapat menjumpai penghuni terkenal lainnya di pulau ini yaitu singa laut atau Australian Sea Lion (). Mereka biasa berkumpul dan berjemur di pulau ini pada siang hari. Mereka juga hidup di Seal Island yang merupakan tempat berkembang biak (breeding habitat) bagi sea lion, namun daerah ini terlarang buat dikunjungi.

Penguin Island merupakan tempat bagi berbagai burung perairan untuk mencari makan dan berkembang biak, seperti berbagai jenis cormorants, darters, terns, fairy terns, noddies, silver gulls, oystercatchers, ruddy turnstones, bar tailed godwit (migratori birds), Artic Skua, Little Eagles, Ospreys and Sea Eagles. Juga menjadi tempat berkembang biak burung-burung pelican atau Australian pelican.

Ada beberapa kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan disini  diantaranya; menikmati indahnya panorama pantai, mengamati burung-burung (birds watching), berenang, kayak  dan piknik keluarga. Jika anda suka keindahan bawah laut maka sekeliling pulau ini adalah tempat yang tepat untuk mengamati dan mengekplorasi keindahan alam bawah laut yang jernih dan kehidupan para penghuninya dengan diving maupun snorkling. Penguin Island dibuka setiap hari kecuali saat selama musim hujan untuk tidak menggangu penguin yang sedang dalam masa berkembang biak.

Beberapa agen wisata menawarkan kegiatan atraksi wisata yang lebih menantang ada waktu tertentu, untuk berenang bersama lumba-lumba di sekitar perairan Penguin Island dan Shoalwater Islands Marine Park.
 
Akses ke Penguin Island  dapat menggunakan The Penguin Express Ferry yang berangkat setiap hari dari Mersey Point Jetty, mulai jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Dan kembali mulai jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Selain itu calon pengunjung bisa juga menggunakan The Penguin and Sea Lion Cruise yang berangkat setiap hari dari Penguin Island pada jam  10.15, 11.15 pagi dan 1.15 siang. Tiket dapat dibeli paling tidak 30 menit sebelum keberangkatan di Wild Encounters Gift Shop (belakang Pengos Café) di Mersey Point, pada jam kerja. 

Pasilitas-fasiltas di penguin Island antara lain; lokasi picnik yang nyaman, air minum,  pondok pengamatan,  toilet yang ramah lingkungan, akses jalan ke berbagai tempat yang menarik serta lokasi pantai khusus untuk berenang. Tidak tersedia kantin jadi bawa persediaan dari rumah. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dapat menghubungi; Rockingham Visitor Centre 43 Kent Street ROCKINGHAM WA 6168, Ph: 08 9592 3464, Fax: 08 9592 2778 website: www.rockinghamvisitorcentre.com.au atau mengunjungi Rockingham Wild Encounters

 
     4.     Araluen Botanic Park

Araluen Botanik Park telah dirintis sejak tahun 1929 oleh J.J. Simons sebagai lokasi kunjungan wisata dengan luas 60 hektar lebih, dimana sebagian besar lokasinya saat itu menjadi tempat tumbuh bagi Lilies dan Tulips di Grove of the Unforgotten yang masih tetap bertahan sampai sekarang. Araluen adalah taman rekreasi dan tempat bagi mereka yang menyukai taman eksotik dalam landscape lembah yang dikelilingi oleh rumpun pohon Jarrah.

Selain tanaman bunga tulips yang menjadi Icon wisata alam Araluen juga berbagai jenis tanaman bunga eksotis native dan non native Western Australia seperti Liquidambar, Fraximus (Ash), Lophostemon (Brush Box), Thuja (Western Red Cedar), Rhododendrons, Eucalyptus viminalis (Manna Gums), Castanospermu (Queensland Black Bean), Laurus (Bay Tree), Eucalyptus sideroxylon rosea (Iron Bark), Ilex (Holly), Camellias dan Wisteria.
 
Araluen juga memiliki banyak koleksi beragam jenis tanaman bunga Camellia and Rhododendrons dan terus mengembangkannya.  Jenis tanaman lain yang bunganya menarik dan ditanam disini adalah Magnolias, Acers, Paeonias, Michelias, Daphnes, dan Lilacs. Perhatian yang besar pemilik dan pengelola Araluen terhadap pelestarian tanaman asli lokal (native plant) ditunjukkan dengan banyak mengoleksi tanaman jenis Eucalyptus seperti Karri, Tuart, dan Jarrah, yang kini jumlahnya semakin sedikit karena banyak ditebangi. 

Araluen Botanic Park memilki berbagai fasilitas yang dibutuhkan sebagai sebuah objek wisata favorit diantaranya adalah toilet di berbagai tempat, Alat panggang elektrik (BBQ), restoran dan kios bahan makanan, toko souvenir, transportasi kereta keliling taman, sepeda elektrik dan kursi roda juga disediakan (sewa). Semua lokasi dan fasilitas wisata ini dapat diakses orang berkemampuan terbatas (disable).  Pada waktu tertentu aja juga kegiatan live music show. Untuk menjaga keindahan, kebersihan dan kelangsungan wsata ini maka pengunjung hendaknya mematuhi semua aturan dan petunjuk jalan yang ada,  berhati-hati pada setiap lokasi yang kunjungi karena taman didesain sesuai kontur tanah dan krakteristik tanaman, tidak berenang di kolam-kolam yang ada, tidak merusak tanaman dan bunganya, tidak bermain bola atau skateboard, 

Buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Araluen is located in the Darling Range,. 35 kms south east of Perth. Follow the signs from the junction of Albany and Brookton Highways. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Araluen Botanic Garden, 362 Croyden Road Roleystone WA 6111, (08) 9496 1171 atau email us (info@araluenbotanicpark.com.au).


·http://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.pnghttp://maps.gstatic.com/intl/en_ALL/mapfiles/transparent.png

2 comments: